Sabtu, 23 Oktober 2021

Wanita Harus Tahu! 8 Cara Menjaga Kesehatan Miss-V

Menjaga kesehatan Miss-V adalah hal yang sangat penting terutama untuk kaum wanita karena vagina merupakan organ yang sensitif dan begitu rentan terhadap penyakit. Oleh karenanya, organ wanita yang sangat intim ini sangat perlu dijaga kebersihannya perawatan dengan cara yang baik. Nah, berikut ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan vagina dengan baik:

Kesehatan Miss-V

Menjaga Kesehatan Miss-V
Menjaga Kesehatan Miss-V

Bersihkan Setelah BAB dan BAK

Untuk membersihkan daerah kewanitaan ini tentunya harus menggunakan air yang bersih, akan lebih baik lagi jika airnya langsung mengalir dari kran. Kebersihan dari daerah kewanitaan ini sangat erat hubungannya dengan cara membasuhnya. Cara membasuh yang benar adalah dengan membasuhnya dari arah depan hingga kebelakang yaitu bagian anus. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari memindahnya kuman dan bakteri dari anus ke dalam Miss-V. Setelah membasuhnya, keringkan dengan menggunakan handuk yang kering, bersih dan lembut.

Jaga Agar Tetap Kering

Menjaga wilayah Miss-V agar tetap kering bertujuan untuk mencegah infeksi yang terjadi akibat wilayah Miss-V yang terlalu lembab. Selain itu, wilayah yang lembab umumnya juga menjadikan wanita menjadi risih dan tidak nyaman. Biasakan mengeringkannya dengan memakai handuk bersih setelah terkena oleh air.

Lakukan Pemeriksaan

Melakukan pemeriksaan daerah sekitar organ yang sangat intim ini perlu dilakukan supaya mengetahui jika terjadi infeksi. Infeksi ini terjadi dengan ditandai adanya perubahan warna pada daerah sekitarnya, warna yang dijumpai biasanya lebih merah disertai dengan rasa gatal dan bau kurang sedap. Segera lakukan pemeriksaan pada dokter ahli dan konsultasikan.

Gunakan Cairan Pembersih

Cara menjaga kesehatan Miss-V selanjutnya adalah dengan memakai cairan pembersih. Namun ketika menggunakan cairan pembersih ini perlu diingat untuk tidak memakainya secara berlebihan. Perhatikan secara detail ketika hendak membeli cairan pembersih khusus daerah kewanitaan yang dapat dibaca pada kemasan labelnya. Pilihlah cairan pembersih yang memiliki PH 3-4 dan hindari yan lebih tinggi karena dapat mematikan bakteri biak dan membuat Miss-V lekas keriput.

Hindari Menggaruk

Walaupun daerah kewanitaan terasa sangat gatal, hindari menggaruknya karena efeknya juga tidak bagus. Hal yang disarankan adalah membasuhnya dengan memakai air daun sirih yang telah direbus dan didinginkan. Membasuhnya dengan air hangat tidaklah disarankan karena hal tersebut dapat membuat Miss-V memerah dan gatal yang dialami semakin menjadi. Sebaliknya mengkompresnya dengan air es adalah hal yang dianjurkan karena dengan kompresan air es pembuluh darah diwilayah sekitar daerah kewanitaan tersebut akan semakin mengecil sehingga rasa gatal pun akan berangsur berkurang.

Jangan Pakai Bedak

Bedak bisa mengundang bakteri dan jamur bersarang karena partikelnya yang halus akan mudah menempel dan terselip pada kemaluan wanita tersebut. jadi, hindari penggunaan bedak maupun wewangian lainnya demi keamanan daerah kewanitaan tersebut.

Pilihan Pembalut Yang Tepat

Pembalut yang tepat adalah pembalut yang memiliki daya serap tinggi dan lembut rasanya ketika dipakai. Hal tersebut berfungsi untuk mengurangi adanya iritasi pada permukaan kulit di daerah sekitar Miss-V. Gantilah pembalut yang dipakai saat haid sesering mungkin supaya permukaan tetap terjaga dari kelembaban dan kesehatan Miss-V pun dapat terjaga pula.

Cukur Rambut Kemaluan

Fungsi sebenarnya dari rambut atau bulu didaerah kemaluan ini adalah melindungi Miss-V itu sendiri, akan tetapi bulu yang sangat lebat juga tidaklah bagus karena akan menahan keringat dan memicu berkembangnya jamur disana. Oleh sebab itu kurangi dengan mencukurnya, tak perlu hingga habis namun cukup sekedarnya saja.

Cara yang baik yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan Miss-V, dapat dilakukan dengan cara-cara yang telah dipaparkan diatas. Sayangi organ terpenting tersebut dengan merawatnya dengan cara yang terbaik pula.

Wanita Harus Tahu! 8 Cara Menjaga Kesehatan Miss-V Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin

0 Comments:

Posting Komentar